NAVIGASI SAP

Navigasi SAP menjelaskan bagaimana cara logon dan logoff di SAP, menampilkan kode transaksi, membuat session baru, membuat transaksi favorit,  menampilkan bantuan (Help) dan juga untuk menampilkan drop down list di SAP.


Kode Transaksi / Transaction Code (TCode) merupakan kode yang digunakan untuk menjalankan transaksi dalam SAP, berupa kombinasi huruf dan angka. Daftar TCode yang digunakan dalam system SAP dapat dilihat pada screen SAP Easy Access. Kode ini mungkin tidak ditampilkan saat pertama kali user login, sehingga harus dilakukan setting untuk menampilkannya dengan cara :

Klik setting Extras → Settings → Tik “Display Technical Names” → Klik ok

navigasi1.png


Transaksi Favorit merupakan tempat menyimpan TCode Favorit di SAP yang sering digunakan secara berkala, sehingga akan lebih mempermudah user dalam mencari TCode yang sering digunakan, karena bisa diakses dengan cepat di halaman awal setelah logon ke system SAP. Untuk menambahkan TCode pada Menu Favorit, ada 2 cara :

Pertama

Arahkan kursor pada menu Favorites → Klik Kanan → Insert Transaction → Masukkan nomor TCode

Kedua

Arahkan kursor pada TCode yang ingin di jadikan Favorit → Klik Kanan →  Add to Favorites


Session dalam system SAP dapat di akses oleh setiap user hingga 6 session (screen) dalam waktu yang sama. Penambahan session baru dapat dilakukan dengan klik new-session (Creates New Session)


Bantuan (Help) digunakan jika user menemukan beberapa field yang tidak/belum diketahui kegunaannya. Maka user dapat menggunakan menu bantuan (Help) untuk memahami deskripsi atau kegunaan suatu field pada sistem SAP, dengan cara klik HELP.png (Help)


Drop Down List adalah daftar isian yang dapat diisikan ke field dalam system SAP. Biasanya drop down list ini digunakan untuk isian yang sudah ditentukan sebelumnya (hanya bersifat pilihan) dan memiliki batasan isian. Cara ini dapat dilakukan dengan klik matchcode (Match code)


TIPS

/n atau Klik tanda X pada pojok kanan atas , Gunakan TCODE /n untuk mengakhiri / menutup windows (menu) yang sedang aktif di SAP GUI, atau bisa digunakan secara berurutan dengan TCODE lain, misalnya ketik /nIE01 untuk langsung membuka layar baru create equipment pada layar SAP dengan mengakhiri aktivitas pada session yang sedang ditampilkan.

/o atau klik new-session atau CTRL + N, Gunakan TCODE /o  untuk membuka windows baru / session baru di SAP GUI,  atau bisa digunakan secara berurutan dengan TCODE lain, misalnya ketik /oIE01 untuk langsung membuka layar baru create equipment pada layar SAP, tanpa menutup session yang sedang ditampilkan.

/nend atau /nex, Gunakan TCODE /nend atau /nex untuk logoff dari SAP , atau klik SYSTEM → LOG OFF

execute , untuk tombol EXECUTE

enter , untuk tombol ENTER

ok , untuk tombol OK

back , untuk tombol BACK ke aktivitas sebelumnya

cancel , untuk tombol CANCEL

exit.png , untuk tombol EXIT

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s