Measurement Record

Proses pencatatan pengukuran (measurement record) adalah proses pencatatan hasil pengukuran parameter-parameter mesin/equipment yang diperlukan ke dalam sistem SAP. Hasil pengukuran ini perlu dicatat di sistem untuk kemudian dianalisa dan menentukan strategi pemeliharaan yang akan dijalankan ke depannya.

MEASUREMENT DOCUMENT.png

Di sistem SAP ada dua jenis parameter pengukuran yang ada di mesin/equipment:

  • Counter, yaitu parameter pengukuran yang nilai pengukurannya merupakan akumulasi dari pengukuran-pengukuran terdahulu, misalnya meter reading yang ada di mesin untuk mencatat output produksi, odometer yang ada di kendaraan, meter reading yang ada di mesin untuk mencatat jam mesin (running hours) dll.
  • Non counter, yaitu parameter pengukuran yang nilai pengukurannya bukan akumulasi dari pengukuran terdahulu, dan nilainya bisa naik dan turun sesuai dengan hasil pengukuran aktual, misalnya tekanan, suhu, kekentalan oli dll.

Proses pencatatan pengukuran parameter-parameter equipment bisa dilakukan pada setiap aktivitas pemeliharaan, baik itu corrective maupun preventive, serta pada saat proses pencatatan regular yang dilakukan oleh operator vehicle melalui transaksi front end. Hasil pengukuran ini dicatat kedalam Work order form untuk pengukuran yang dilakukan pada saat proses pemeliharaan, atau form manual untuk pecatatan regular yang dilakukan oleh operator atau teknisi. Nilai-nilai hasil pengukuran ini kemudian diinput di sistem SAP oleh Maintenance Planner.

MEASUREMENT DOCUMENT 2.png

Konfigurasi di sistem SAP yang berhubungan dengan pencatatat pengukuran parameter mesin/equipment telah dijelaskan di bagian Measuring Point.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s