Refurbishment Order

Refurbishment order merupakan salah satu jenis maintenance order yang memiliki karakteristik berbeda dengan jenis maintenance order lainnya. Karakteristik order yang menggunakan tipe refurbishment order adalah perbaikan terhadap objek yang rusak (malfunction) dengan cara melepaskan objek tersebut dari functional location terlebih dahulu, kemudian menggantikan objek yang dilepas tersebut dengan spare-nya jika memang ada objek penggantinya. Kemudian objek yang rusak ini diperbaiki, dimana proses perbaikannya bisa dilakukan di workshop perusahaan ataupun dilakukan di luar perusahaan. Setelah perbaikan selesai, objek tersebut disimpan di warehouse sebelum digunakan kembali.

REFURBISHMENT.png

Reference object di dalam refurbishment order ini bukanlah nomor equipment, tetapi nomor material. Hal ini disebabkan sebelum/sesudah perbaikan barang harus dikeluarkan/dimasukkan dari/ke storage location. Secara integrasi antara modul PM dengan MM ada hubungan antara nomor equipment dengan nomor material, yaitu melalui master data untuk serial number.

Spare part di plant maintenance yang menjalani refurbishment order ini di maintain dalam master data di modul Material Management (MM). Di dalam material master data terdapat accounting view yang akan memberikan value harga untuk material refurbish tersebut. Untuk keperluan refurbishment, diperlukan setting split valuation. Split valuation secara detil dijelaskan di modul MM. Adapun yang split valuation (valuation type) yang didefinisikan di material master yaitu:

Valuation Category Valuation Type Description
C C1 New
C2 Repaired
C3 Damage

Dari pembagian valuation type di atas, dari sudut pandang accounting juga bisa dibedakan secara G/L account per masing-masing valuation type. Dengan demikian pada proses bisnis refurbishment ini bisa dibedakan dari sisi inventory management baik secara quantity dan value berdasarkan valuation type yang di-maintain.

Dalam pembuatan refurbishment order ada beberapa informasi penting yang harus dimasukkan, yaitu:

  • Material number, yang akan di-refurbish, hanya satu material number yang memungkinkan untuk setiap order
  • Quantity, yang akan di-refurbish, kuantitas bisa satu atau lebih
  • Valuation type, kondisi material sebelum dan setelah di-refurbish
  • Storage location saat ini dan akan menjadi storage location dari material setelah di-refurbish.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s