Cara Membagi Cost Center menjadi Beberapa Cost Center dalam 1 WO

Pada standard WO yang dibuat, pada umumnya hanya memiliki 1 cost center sebagai alokasi pembebanan biaya. Dimana ini disebabkan karena 1 equipment maupun functional location hanya memiliki 1 cost center juga.

Namun bagaimana jika kita ingin membuat 1 WO untuk di bagikan ke beberapa cost center?

Bisakah 1 WO di settle ke beberapa cost center?

Jawabannya adalah sangat bisa 🙂

Misalkan kita ingin melakukan Renovasi Kantor Bersama, dimana 1 Gedung kantor tersebut dimiliki oleh beberapa Divisi. Pada setiap lantainya dimiliki oleh divisi yang berbeda, sehingga alokasi biaya renovasi 1 Gedung Kantor Bersama tersebut di bagi menjadi beberapa cost center. Meskipun dalam pembuatan WO nya akan menggunakan cost center yang telah ‘menempel’ pada Funcloc yaitu Gedung Kantor Bersama, ada pengaturan yaitu pada settlement rule yang bisa di gunakan, sebagai pengaturan settlement biaya yang terjadi pada WO tsb agar bisa di bagikan ke beberapa cost center dengan pembagian porsi prosentase (%).

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membagi cost center menjadi beberapa cost center dalam WO :

1. Klik Settlement Rule settlement

2. Pada field Settlement Receiver, pilih beberapa cost center yang di butuhkan. Pada field %, isi dengan prosentase dari pembagian alokasi biaya yang ada ke cost center tsb. Pada Settlement Type, pilih FUL (Full Settlement). Pada contoh berikut, Renovasi Kantor Bersama akan dialokasikan kepada 4 cost center, sehingga masing-masing cost center akan di bebankan 25% dari total biaya renovasi.

settlement1.png

3. Klik BACK dan kemudian lengkapi pengisian WO sampai selesai.

Di akhir kegiatan maintenance tersebut, jika telah muncul actual cost sebagai contoh 100 juta rupiah, maka ketika settlement dilakukan, pembagian alokasi biaya untuk masing-masing cost center (dalam hal ini adalah 25% dari total biaya maintenance) adalah 25 juta rupiah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s